Begini Cara Cek Jangkauan Sinyal TV Digital Lewat Aplikasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus mengadvokasi efektivitas siaran televisi analog beralih ke televisi digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan fase migrasi ini selesai pada 2 November 2022. Perluasan jangkauan sinyal dan siaran TV digital menjadi fokus percepatan.

Peningkatan kekuatan sinyal ini penting karena orang dapat menikmati siaran TV digital berkualitas tinggi dengan gambar yang bersih, suara yang jernih dan teknologi yang canggih. “Saat ini siaran TV digital sudah mencapai 87 dari total 112 coverage area di Indonesia,” kata Geryantika Kurnia, Direktur Penyiaran, Dirjen PPI Kominfo.

Saat melaporkan dari indonesiabaik.id, Anda dapat mengecek status siaran per wilayah layanan melalui website broadcastdigital.kominfo.go.id. Anda juga dapat memeriksa cakupan siaran melalui aplikasi yang disediakan pemerintah bernama SignalTVDigital.

Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore atau Appstore. Begini cara cek jangkauan sinyal TV digital rumah Anda, seperti dikutip Tempo dari akun Twitter resminya

Unduh aplikasi “SinyalTV Digital” dari Playstore atau Appstore.
Setelah penginstalan di smartphone Anda selesai, segera buka aplikasinya.
Kemudian aplikasi akan meminta izin akses lokasi Anda. Klik “Izinkan”.
Tampilan berubah di peta tergantung pada lokasi Anda berada.
Di kiri bawah adalah kolom Legenda. Saat ANDA membukanya, kolom tersebut menampilkan informasi lokasi sinyal TV digital dengan deskripsi kuat hingga lemah.
Silakan periksa bagan warna yang ditampilkan.
Peta menunjukkan titik lokasi dan menghubungkannya ke transmisi komersial.

Dengan aplikasi ini Anda dapat memilih apakah lokasi Anda memiliki sinyal TV digital yang lemah, sinyal TV digital yang buruk atau tidak ada sinyal TV digital sama sekali. Dengan aplikasi ini Anda juga bisa mendapatkan fitur detail tentang sinyal TV dan cek saluran TV digital.

Selain itu, aplikasi SignalTVDigital juga dilengkapi dengan peta sebaran saluran sinyal TV digital di seluruh Indonesia sehingga masyarakat dapat mengecek apakah saluran TV digital tersedia di kotanya. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat berguna sebelum Anda memutuskan untuk membeli TV DVB-T2 atau STB DVB-T2.