Jalur Darat, Udara, dan Laut Semakin Ramai Pemudik! Apa Antisipasi Kemenhub dan Korlantas Polri?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar rapat koordinasi dengan Mabes Polri di Markas Korps Lalu Lintas Polri, Jakarta Selatan, pagi ini (10.4).

Rakor tersebut digelar dalam rangka mengantisipasi pengaturan arus lalu lintas pada masa mudik Lebaran 2022.

Menurut data awal PT KAI Operations Area 1 Jakarta, 60 persen dari total 335.000 tempat yang disiapkan sudah ludes terjual.

Sejumlah nilai di Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi target yang diharapkan selama masa mudik Lebaran.

Kemudian 27-30 April 2022 menjadi tanggal keberangkatan sebelumnya berdasarkan tanggal pemesanan.

Tidak hanya di stasiun kereta api, tetapi juga di bandara Soekarno-Hatta, kepulangan lebih awal dapat diamati; Penumpang sengaja pulang lebih awal untuk menghindari kepadatan menjelang Lebaran.
Para migran yang kembali ke Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar tampaknya memilih untuk pulang lebih cepat.

Dalam mempersiapkan pelayanan penumpang mudik tahun 2022, pengelola bandara telah menyediakan lima lokasi layanan swab test saat penumpang belum mendapatkan vaksin booster; dan kabin penyegar bagi penumpang yang ingin divaksinasi sebagai syarat perjalanan pulang pergi tahun ini.

Pemerintah memastikan bahwa vaksin ketiga atau booster shot sebenarnya menjadi syarat untuk bepergian ke luar kota, termasuk mudik.

Namun, warga dengan vaksin dosis kedua dan pertama juga bisa pulang asalkan hasil tes antigen atau PCR negatif.

Calon wisatawan harus telah menerima vaksinasi dosis pertama, kedua dan booster; Termasuk bagi warga yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten, menuju Bakauheni, Lampung.