Kota Solo Dihantam Banjir di Sejumlah Wilayah, BPBD Petakan Lokasi Terdampak

Kota Solo dilanda banjir pada Minggu sore (8/5/2022) setelah hujan deras di berbagai tempat tidak berubah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surakarta Nico Agus Putranto mengatakan para pejabat belum menyebutkan lokasi mana yang tergenang oleh hujan.

Namun, berdasarkan pantauan, beberapa ruas jalan yang terendam banjir antara lain Jalan Gajahmada, Jalan Yosodipuro, Jalan Soepomo, dan Jalan Slamet Riyadi.

Selain itu, beberapa sungai meluap, salah satunya Kali Jenes. Bahkan, luapan air itu sempat masuk ke kawasan perkampungan di bantaran Jenes itu.

Yang sekarang menjadi sungai Jenes dan Todipan. Padahal, hujannya sangat deras disertai angin yang membuat sungai meluap,” kata Nico seperti dikutip ANTARA.

Sementara itu, genangan air merembes di beberapa ruas jalan yang menyebabkan kemacetan. Terkait hal itu, Mudo Prayitno, Kepala Bidang Penataan dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Lalu Lintas Kota Surakarta, mengatakan sejumlah laporan kendaraan menumpuk di beberapa lokasi.

Salah satunya di sekitar flyover Manahan, ternyata ada genangan air akibat hujan deras,” ujarnya.

Alhasil, pihaknya langsung memberangkatkan tim untuk mengurai kemacetan yang ada, salah satunya dengan mengubah jalur.

Kami sempat melarang kendaraan lewat karena genangan itu, tapi tidak lama kemudian dibersihkan dan kendaraan bisa kembali ke sana,” jelasnya.